Kamis, 13 Oktober 2011

komponen yang dibutuhkan untuk konfigurasi internet


Perangkat keras internet adalah semua hal yang mutlak diperlukan untuk bisa mengakses internet dan menjelajah dunia maya. Secara garis besar, perangkat keras internet yang dibutuhkan bisa dibagi menjadi dua pengelompokan besar, yaitu komputer dan modem.
Komputer adalah perangkat keras internet yang paling penting. Cepat atau lambatnya akses internet sangat bergantung kepada spesifikasi komputer ini. Artinya, semakin tinggi spesifikasi komputer, maka semakin cepat pula kinerja internet. Sebaliknya, semakin rendah spesifikasi internet, semakin lambat akses internet dengan komputer tersebut.
Spesifikasi minimal komputer sebagai salah satu perangkat keras internet adalah processor minimal Pentium III 500 Mhz, RAM minimal 64 MB, VGA Card, Harddisk minimal 10 GB, dan monitor.
Perangkat keras internet kedua yang penting yaitu modem. Modem merupakan akronim dari Modulator Demulator yang fungsi utamanya mengubah sinyal digital menjadi analog dan sebaliknya, dengan tujuan agar informasi bisa dibaca oleh pengguna.
Berdasarkan fungsinya, modem bisa dikalsifikasikan menjadi tiga bagian, yaitu modem dial up, modem kabel, dan modem ADSL. Untuk lebih jelasnya, silakan baca artikel sebelumnya mengenai jenis-jenis modem.
Perangkat Keras Internet Tambahan
Selain kedua perangkat keras internet seperti disebutkan di atas, ada pula beberapa perangkat tambahan yang sifatnya mendukung dalam mengakses internet, yaitu hub/switch, repeater, bridge, dan router.
Hub adalah perangkat keras internet yang berfungsi untuk menggabungkan lebih dari satu komputer ke dalam satu jaringan. Hub bisa dibagi menjadi dua yaitu active hub dan passive hub. Active hub adalah repeater elektrik yang dilengkapi dengan delapan buah konektor yang tugasnya membuat sinyal sinyal digital yang akan dikirimkan dan melakukan penyesuaian terhadap independensinya. Sedangkan passive hub adalah repeater elektrik dengan empat konektor yang berfungsi menerima sinyal hanya pada satu konektor untuk dilanjutkan ke tiga konektor lainnya.
Perangkat keras internet yang digunakan sebagai penerima sinyal dan kemudian memancarkannya lagi dengan kekuatan yang sama seperti sinyal asli yang diterima disebut dengan repeater. Dengan kata lain, repeater adalah alat yang memberikan kekuatan kepada sinyal agar pada saat dikirim sama seperti sinyal aslinya.
Bridge adalah perangkat lunak yang bertugas sebagai penghubung dua jaringan atau lebih secara fisik dengan menggunakan protocol sejenis. Dengan adanya sebuah bridge, data bisa dikirim antar LAN.
Terakhir, router adalah perangkat keras internet yang fungsinya hampir sama dengan bridge, tapi memiliki kelebihan. Selain menghubungkan dua LAN dengan tipe sejenis, router bisa menghubungkan dua LAN tipe berbeda.
Demikian sedikit penjelasan mengenai perangkat keras internet. Apabila ada kesalahan, mohon untuk diperbaiki. Bila ada yang kurang, silakan untuk ditambahkan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
sumber : http://burunghantu.net/perangkat-keras-internet-lengkap/

nama : novi nolitavia
kelas : 2PA01
npm  : 15510056


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar