Minggu, 05 Januari 2014

Pembuatan sistem pakar untuk tes kepribadian menggunakan metode inventori

ABSTRACT
            At the present time is the development of technology and communications from time to time experienced increasing rapidly, especially in the field of computer technology developments that encourage the use and utilization of these technologies widely in various fields and aspects of life, making it easier for society in general and individuals in particular in supporting their daily activities hari.Salah one example of the utilization and use of computer technology itself is in the science, which consists of various branches of science. One of them is in the branch of science of Psychology.
             Science of psychology was primarily aimed to understand our fellow human beings, see it can be seen that the science of psychology is a science that is very broad and did not rule out the use of technology involved in it, but very unfortunate use of technology in the field felt still kurang.Dalam practice so far in the science of psychology most still use the way - the old ways and methods in the process of understanding and studying the psychological side of an object .. One old method is still widely used in psychology that is a way to make sheets - sheet questionnaire, and questionnaire - questionnaire was filled out by each object, then questionnaire was collected back and added value.
            Surely this is perceived less efficient and takes a long time in the process,. Based on these reasons the authors are interested in trying to make an application in the field of psychology, particularly in sub-field of personality where the application is using the computer knowledge in the field of artificial intelligence (artificial or technique Intelegent ai) in particular branch of expert systems (expert systems) that can overcome this if - it can also be used as personality tests by psychologists in the company for personal gain or qualified human resources as that is expected.

Rumusan masalah
            Pada masa sekarang ini perkembangan teknologi dan komunikasi dari waktu kewaktu dirasakan semakin meningkat pesat, terlebih lagi perkembangan dibidang teknologi komputer yang mendorong penggunaan dan pemanfaatan perkembangan teknologi tersebut secara luas di berbagai bidang dan aspek kehidupan, sehingga memudahkan masyarakat pada umumnya dan individu pada khususnya dalam menunjang kegiatan mereka sehari-hari.Salah satu contoh dari pemanfaatan dan penggunaan perkembangan teknologi komputer itu sendiri adalah di dalam ilmu pengetahuan, yang terdiri dari berbagai cabang ilmu pengetahuan. Salah satunya ialah di dalam cabang ilmu Psikologi.. Maka Dibuatnya sistem pakar ini.

Struktur program
  • Flowchart Sistem

Sistem flowchart merupakan diagram alir yang menggambarkan suatu sistem peralatan komputer yang digunakan dalam proses pengolahan data serta hubungan antar peralatan tersebut. Sistem flowchart tidak digunakan untuk menggambarkan urutan langkah untuk memecahkan masalah , tetapi hanya untuk menggambarkan prosedur dalam sistem yang dibentuk.


  • Impelemntasi Form Utama

Apabila pada form login dipilih level pakar dan proses login sudah berhasil, maka tampilan menu utama untuk pakar. Semua munu yang ada di form menu utama akan ditampilkan. Adapun tampilan form menu utama pakar.


  • Implementasi Tes

Form ini ber fungsi untuk melakukan tes kejujuran,berisikan pertanyaan pertanyaan yang harus di jawab oleh pengguna ,dengan cara memberikan tanda chek,pada chek box yang tersedia yaitu pilihan ya dan tidak,kemudian tekan proses untuk melanjutkannya.




  • Implementasi Hasil Tes

 Form ini merupakan hasil dari tes yang telah dilakukan oleh pengguna ,didalm
form ini terdat skor dan keterangan hasil.


Hasil Penelitian dan Pembahasan
Tahap implementasi sistem (System implementasion) merupakan tahap meletakkan sistem yang baru dikembangkan supaya nanti sistem tersebut dapat dioperasikan sesuai dengan yang diharapkan. Adapun tujuan dari tahap implementasi ini adalah menyiapkan semua kegiatan penerapan sistem sesuai dengan rancangan yang telah ditentukan. Dari tabel diatas dapat diketahui hasil identifiksi pakar 100% sudah sama dengan indentifikasi yang dilakukan oleh program sistem pakar ini, maka sistem ini sudah sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki oleh pakar, sehingga sistem pakar ini dapat digunakan oleh para pengguna untuk melakukan tes kepribadian untuk recuirment karyawan,atau dapat juga di gunakan sebagai pengembangan pengetahuan dari maha siswa khususnya di bidang psikologi.

Kesimpulan
Dari penelitian yang telah dilakukan, dengan terbatasnya seorang pakar dalam membantu pengguna untuk tes kepribadian untuk recuirment karyawan, maka perlu diciptakan sebuah solusi untuk mengatasi keterbatasan seorang pakar tersebut. Dengan membangun sebuah aplikasi sistem pakar yang berguna untuk menggantikan seorang pakar dalam melakukan Tes kepribadian, maka diharapkan para pengguna dapat dengan mudah melakukan tes kepribadian dan recuirment perusahaan bisa menghasilkan SDM yang berkualitas . Dalam hal ini sistem komputerisasi mempunyai banyak keuntungan terutama dalam hal pengolahan data.
1. Sistem pakar ini terbukti berjalan dengan baik melalui uji sistem, dengan menghasilkan Informasi yang lengkap, tepat waktu, cepat, akurat, dan jelas sangat membantu para pengguna tanpa harus menunggu seorang pakar.
2. Kelebihan dari sistem pakar ini yaitu :
·         dengan mudah dapat Membantu kelancaran, kecepatan, dan efisiensi
·         mekanisme kerja dari pengolahn data sistem sehingga informasi dapat
·         diperoleh dengan cepat.
·         Dapat menghemat waktu dalam hal pencarian data, pencatatan dan
·         pemrosesan data sehingga dapat dihasilkan informasi yang sesuai dengan
·         harapan.
·         Dapat mengurangi pekerjaan yang berulang-ulang atau dapat melakukan
·         manipulasi dengan mudah.
·         Bentuk tampilan dengan mudah dimengerti oleh pemakai atau user.
Kelemahan sistem ini yaitu data hasil hanya dapat di tampilkan dalam aplikasi ini.
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada link ini http://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_07.11.1594.pdf

Sumber : Sumijan. (2011). Pembuatan sistem pakar untuk tes kepribadian menggunakan metode inventori. Sekolah tinggi manajemen informatika dan komputer : Yogyakarta.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar