Minggu, 10 November 2013

sistem informasi berbasis komputer dan artificial intelligence

 Pendahuluan
            Di zaman yang makin berkembang dan modern seperti sekarang ini, informasi sudah menjadi menjadi kebutuhan kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Perkembangan informasi pun semakin canggih agar dapat mempermudah manusia dalam melakukan pekerjaan dan kegiatan, juga agar proses pertukaran informasi semakin mudah dimengerti. komputer adalah satu alat teknologi yang sangat bermanfaat bagi kebutuhan manusia saat ini. dalam pembuatan alat berteknologi canggih ini, ternyata manusia membuatnya meyerupai sistem kerja otak manusia yang sangat kompleks. kemudian hal ini akan dituangkan kedalam sistem informasi berbasis komputer dan artificial intelligence.

A.    Definisi Sistem Informasi Berbasis Komputer
            Sistem informasi yang menggunakan komputer biasa disebut dengan Sistem informasi berbasis komputer atau Computer-Based Information System ( CBIS ). merupakan proses yang menajalankan fungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk kepentingan tertentu. kebanyak SI dikomputerisasi. Adapun komponen dari sistem informasi berbasis komputer yaitu :
1.      Perangkat keras (Hardware)
2.      Perangkat Lunak (Software)
3.      Brainware
4.      Basis Data (DataBase)
5.      Teknologi jaringan Telekomunikasi
Sistem informasi berbasis komputer terdiri dari dua hal, yaitu:
a)                  Sistem Pakar
1)                  Definisi Sistem Pakar
            Suatu program komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik. jenis program ini pertama kali dikembangkan oleh periset kecerdasan buatan. sistem yang mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer yang dirancam untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar. dengan sistem pakar ini, orang awam oundapat menyelesaikan masalah ataupun mencari suatu informasi berkualitas yang sebenarnya hanya dapat diperoleh dengan bantuan para ahli dibidangnya.

Ciri-ciri sistem pakar
·         memiliki informasi yang handal
·         mudah dimodifikasi
·         dapat dgunakan dalam berbagai jeniskomputer
·         memiliki kemampuan untuk belajar beradaptasi
Struktur sistem pakar, Komponen utama dalam struktur sistem pakar menurut hu et al (1987) yaitu:
·         Basis pengetahuan
·         Mesin interferensi
·         Basis data
·         Antarmuka pemakai

2)      Contoh aplikasi Sistem Pakar
            USG ( ultrasonografi ) salah satu sistem pakar yang membantu dalam bidang kedokteran untuk mendeteksi janin dalam kandungan yang bekerja berdasarkan pantulan gelombang suara ultrasonik.

b)                 Sistem pengambil keputusan
1.      Definisi sistem pengambil keputusan
            Sistem pendukung keputusan atau Decision support systems (DSS) adalah bagian dari sistem informasi berbasisi komputer yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan. dss juga dapat dikatakan sebagai sistem komputer yang mengolah data menjadi informasi untuk mengambil keputusan dari masalah semi terstruktur yang spesifik.

Tahap-tahap pengambil keputusan
·         Tahap Pemahaman
·         Tahap Perancangan
·         Tahap Pemilihan
·         Tahap Penerapan

Komponen Dss :
·         DataBase
·         ModelBase
·         Software System
Contoh dan Aplikasi Dss :
1.      DSS untuk proses kenaikan jabatan dan perencanaan karir PT. X menggunakan proses profile matching dan analisis gep yang dibuat berdasarkan data dan norma-norma SDM terdapat di Pt tersebut.
2.      DSS berbasis spreadsheet untuk menganalisis biaya penyelenggaraan pendidikan manajemen lembaga pendidikan yang memerlukan alat bantu dalam perencanaan. spreadsheet menggunakan kebijakan manajemen sebagai acuan untuk menentukan besaran koposisi anggaran oprational dr tahun ke tahun.
3.      DSS untuk peningkatan produktivitas hotel berbintang yang menggunakan AHP dan OMAX untuk pengukuran produktivitas.

B.     Artificial Intelligence (AI)

1.      Definisi Artificial intellingence
            Kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. kecerdasan dicipatakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin ( komputer ) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Tujuan dari AI adalah untuk memecahkan persoalan dunia nyata (bersifat praktis ) dan memahami intelijensia (bersifat memahami). untuk lebih jelasnya lihat disini

Dua Bagian utama Kecerdasan Buatan (AI)
·         Basis pengetahuan ( Knowledge Base ) : basis pengetahuan berisi fakta-fakta, teori, pemikiran dan hubungan antara satu dengan yang lainnya.
·         Motor Inferensi ( Inference Engine )  : motor inferensi merupakan kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman atau dapat juga disebut dengan penalaran.

Contoh dan Aplikasi AI :
            Aplikasi AI Dalam Bidang Keamanan Dan Pertahanan (militer) : Salah satu contoh aplikasi AI yang digunakan pada saat ini yaitu dalam bidang militer. Virtual reality dipakai untuk melakukan simulasi latihan perang, simulasi latihan terjun payung. dan sebagainya. Dimana dengan pemakaian teknologi ini bisa lebih menghemat biaya dan waktu dibandingkan dengan cara konvensional.
 Aplikasi AI Dalam Bidang Ekonomi Dan Bisnis : Teknologi sistem jaringan syaraf tiruan telah di-implementasikan dalam berbagai aplikasi terutama dalam hal pengenalan pola. Kemampuan inilah yang telah menarik beberapa kalangan dalam menggunakan jaringan syaraf tiruan untuk keperluan kesehatan, keuangan , investasi, marketing dan lain lain
Aplikasi AI Dalam Bidang Pendidikan : Sistem Tutor Cerdas atau Intelligent Tutoring System(ITS) merupakan sebuah teknologi pembelajaran yang dinamis dan dapat menyesuaikan isi atau output program sesuai dengan kebutuhan dari objek sasaran menggunakan keahliannya dalam metode pembelajaran dan materi yang diajarkan. Hal ini dapat dilakukan karena ITS dilengkapi oleh Artificial Intelligence (AI). Bayesian Network menyediakan sebuah pendekatan probabilistik untuk mendapatkan suatu inference atau kesimpulan tentang karakteristk setiap pengguna program ITS. Dalam simulasi program ITS berbasis metode Bayesian Network diketahui bahwa keandalan program tersebut adalah 52,3%.

Kesimpulan
            Jadi, Sistem informasi berbasis komputer dan Artificial Intelligence merupakan sistem yang memiliki hubungan satu sama lain yang merupakan suatu program yang cerdas dan user friendly yang dapat membantu sama lain. Sistem informasi berbasis komputer membutuhkan artificial Intelligence, di mana AI mempelajari mengenai sistem kerja kognitif manusia sehingga dapat menghasilkan produk yang berguna seperti robotSerta komputer yang kita kenal sebagai alat canggih yang dapat membantu pekerjaan manusia terdiri dari suatu sistem pengolahan yang kompleks yaitu sistem informasi berbasis komputer yang terdiri dari sistem pakar dan sistem pengambilan keputusan yang keduanya memiliki cara kerja layaknya seperti manusia yang mampu untuk memecahkan masalah. didalam keduanya akan diterapkan kedalam Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang mampu mengaplikasikan cara kerja manusia kedalam komputer, sehingga mempermudah manusia untuk melakukan pekerjaan, contohnya seperti pengaplikasian pada robot yang dapat menjalankan program untuk mengerjakan pekerjaan layaknya manusia.


   
Refrensi:

·         Anonim, http://duadania.blogspot.com/2009/05/dss-decision-support-system_25.html
·         Anonim, http://dinulislami.blogspot.com/2013/02/pengertian-artificial-intelligence.html
·         Gunawam,A.S. Penerapan Aplikasi dalam berbagai bidang. http://tugasdenny.wordpress.com/2012/03/05/peranan-aplikasi-dalam-berbagai-bidang
·         Putri,. S. P ( 2013). Beda sistem pakar dan sistem pendukung pengambilan keputusan. http://titissp.blogspot.com/2013/02/beda-sistem-pakar-dan-sistem-pendukung.html
·         Anonim. http://broadcastvecha.blogspot.com/2013/04/komponen-sistem-informasi-berbasis.html
·         Anonim. http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pakar.
·         Anonim http://3onoikom.wordpress.com/materi-kuliah/sistem-pakar/ 
·         Anonim http://raul-aul7.blogspot.com/2013/07/aplikasi-penerapan-sistem-pakar-dalam.html
·         Anonim http://www.academia.edu/912891/SISTEM_PENDUKUNG_KEPUTUSAN_DECISION_SUPPORT_SYSTEM_I
·         Anonim, http://komponen-dss-dan-pemanfaatanya.blogspot.com/2012/11/komponen-pemanfaatan-dss.html 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar