Selasa, 20 Maret 2012

KESEHATAN MENTAL PADA KASUS KLEPTOMANIA

       
Nama              : Novi Nolitavia
Npm                : 15510056
Kelas               : 2PA01
Mata Kuliah      : Kesehatan Masyarakat
Tugas Kedua  


       Dalam kehidupan sehari-hari pasti kita sering sekali mendengar kata Kleptomania. Banyak orang yang berlebihan dalam menangani masalah ini, Kita tidak bisa menyalahkan sepenuhnya pada pelaku kleptomania.
untuk menghindari kejadian-kejadian seperti ini seharusnya kita mengetahui dahulu latar belakang medis si pencuri itu sendiri.

sebelumnya kita harus mengetahui secara baik apa itu kleptomania, apakah kalian tahu arti kleptomania secara intelektual medis?

       Kleptomania merupakan suatu gangguan psychis (gangguan kejiwaan) yang disebabkan oleh pengalaman dan perilaku masa kecil yang mendalam dan banyak faktor yang membuat kebiasaan itu semakin tumbuh berkembang. Gangguan kejiwaan semacam ini bukan karena khayalan atau halusinasi, sehingga pengidap kleptomania juga bisa didiagnosa dan diobservasi dari kebiasaan dan kelakuan yang mereka lakukan ketika melihat barang atau sesuatu yang dimiliki orang. Mereka melakukan pencurian kecil-kecilan bukan karena cemburu atau benci terhadap orang yang mempunyai barang tertentu tetapi hanya karena ada dorongan dari otaknya untuk melakukan pengambilan barang itu yang menjadi semacam tantangan untuk membuktikan pada dirinya bahwa dia bisa melakukan itu tanpa diketahui oleh orang yang punya.


Siapa saja orang yang mengidap kleptomania ?
       Orang yang mengidap kleptomania adalah orang yang tidak bisa mengontrol dirinya untuk menahan keinginan mengambil sesuatu milik orang (melakukan pencurian). Tidak ada batasan umur atau jabatan atau orang itu kaya dan miskin, wanita atau pria, anak atau dewasa. Kleptomania bisa terjadi kepada siapa saja dan di mana pun berada.
pasti kalian semua juga ingin mengetahui apa saja penyebab dari kleptomania ini.
          Kleptomania bisa disebabkan juga oleh beberapa faktor selain genetik, tetapi kebanyakan yang terjadi adalah ketika masa muda mereka kurang perhatian dan banyak menghadapi masalah misalnya ADHD (Attention Deficit Hyperactief Disorder) atau sebaliknya ADD (Attention Deficit Disorder). Mereka, dengan cara itu akan mendapat perhatian, sehingga terjadilah reaksi yang kadang membuat mereka ketagihan dan akan terus mengulanginya, dan mereka akan merasa bahagia dalam hatinya ketika mereka tertangkap basah karena merasa diperhatikan. Ini dapat dilihat dari gaya dan cara menjawab pertanyaan seolah-olah itu kejadian biasa, sehingga saat itu tumbuh rasa ingin mengulanginya kembali untuk mendapat perhatian.

       Dari penjelasan diatas apakah orang yang mengidap kleptomania adalah orang-orang yang memiliki mental yang tidak sehat?

menurut saya orang yang mengidap kleptomania adalah orang yang memiliki mental yang tidak sehat karena ciri-ciri mental yang tidak sehat adalah :
1. Perasaan tidak nyaman (inadequacy) 
2. Perasaan tidak aman (insecurity) 
3. Kurang memiliki rasa percaya diri (self-confidence) 
4. Kurang memahami diri (self-understanding) 
5. Kurang mendapat kepuasan dalam berhubungan sosial 
6. Ketidakmatangan emosi 
7. Kepribadiannya terganggu 
8. Mengalami patologi dalam struktur sistem syaraf 
dan karakteristik mental yang sehat itu :
1. Terhindar dari Gangguan Jiwa 
2. Dapat menyesuaikan diri 
3. Memanfaatkan potensi semaksimal mungkin 
4. Tercapai kebahagiaan pribadi dan orang lain 
     pada kasus kleptomania ini seseorang kurang mendapatkan perhatian dan kepuasan, sehingga ia melakukkan pencurian tersebut dan memiliki gangguan jiwa, sedangkan mental yang sehat itu terhindar dari gangguan jiwa.
cukup sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf, semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar