Kamis, 26 Mei 2011

JEJAK-JEJAK MATEMATIKA (tugas mata kuliah matematika & IAD)


kali ini kita akan membicarakan tentang matematika, tenang semuanya disini saya tidak akan membicarakan tentang angka apalagi rumus. semua orang jika sudah dengar kata matematika pasti sudah berfikir sulit, pusing bahkan muak, semua itu wajar saja karena matematika adalah ilmu abstrak dan tidak akan habis jika dibicarakan sama saja seperti jejak-jejak matematika yang panjang atau sejarah matematika lebih tepatnya.
oke langsung saja saya akan menjabarkan tentang sejarah matematika :

Matematika (dari bahasa Yunani:μαθη ματικ ά -m athēm atiká) adalah studi besaran,
struktur, ruang, dan perubahan. Para matematikawan mencari berbagai pola,merumuskan konjektur baru, dan membangun kebenaran melalui metode deduksiyang kaku dari aksioma-aksioma dan definisi-definisi yang bersesuaian.
Terdapat perselisihan tentang apakah objek-objek matematika seperti bilangan dantitik hadir secara alami, atau hanyalah buatan manusia. Seorang matematikawanBenjamin Peirce menyebut matematika sebagai "ilmu yang menggambarkansimpulan-simpulan yang penting". Di pihak lain, Albert Einstein menyatakan bahwa"sejauh hukum-hukum matematika merujuk kepada kenyataan, mereka tidaklah pasti;dan sejauh mereka pasti, mereka tidak merujuk kepada kenyataan."
Melalui penggunaan penalaran logika dan abstraksi, matematika berkembang daripencacahan, perhitungan, pengukuran, dan pengkajian sistematis terhadap bangun danpergerakan benda-benda fisika. Matematika praktis telah menjadi kegiatan manusiasejak adanya rekaman tertulis. Argumentasi kaku pertama muncul di dalamMatematika Yunani, terutama di dalam karya Euklides,Elem en. Matematika selaluberkembang, misalnya di Cina pada tahun 300 SM, di India pada tahun 100 M, dan diArab pada tahun 800 M, hingga zaman Renaisans, ketika temuan baru matematikaberinteraksi dengan penemuan ilmiah baru yang mengarah pada peningkatan yangcepat di dalam laju penemuan matematika yang berlanjut hingga kini.
Kini, matematika digunakan di seluruh dunia sebagai alat penting di berbagai bidang,termasuk ilmu alam, teknik, kedokteran/medis, dan ilmu sosial seperti ekonomi, danpsikologi. Matematika terapan, cabang matematika yang melingkupi penerapanpengetahuan matematika ke bidang-bidang lain, mengilhami dan membuatpenggunaan temuan-temuan matematika baru, dan kadang-kadang mengarah padapengembangan disiplin-disiplin ilmu yang sepenuhnya baru, seperti statistika danteori permainan. Para matematikawan juga bergulat di dalam matematika murni, ataumatematika untuk perkembangan matematika itu sendiri, tanpa adanya penerapan didalam pikiran, meskipun penerapan praktis yang menjadi latar munculnya matematikamurni ternyata seringkali ditemukan terkemudian.
cukup sekian sedikit pembahasan tentang jejak matematika atau sejarah matematika, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.
terima kasih


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembuatan sistem pakar untuk tes kepribadian menggunakan metode inventori

ABSTRACT             At the present time is the development of technology and communications from time to time experienced increasing rap...