Kamis, 03 November 2011

KOMUNIKASI DI INTERNET


Mata kuliah kali ini saya akan membahas tentang komunikasi di internet, tapi saya sebelumnya akan memberi penjelasan tentang pengertian internet terlebih dahulu :
Internet
Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon ( baik kabel maupun gelombang elektromagnetik). Jaringan jutaan komputer ini memungkinkan berbagai aplikasi dilaksanakan antar komputer dalam jaringan internet dengan dukungan software dan hardware yang dibutuhkan. Untuk bergabung dalam jaringan ini, satu pihak ( dalam hal ini provider ) harus memiliki program aplikasi serta bank data yang menyediakan informasi dan data yang dapat di akses oleh pihak lain yang tergabung dalam internet. Pihak yang telah tergabung dalam jaringan ini akan memiliki alamat tersendiri ( bagaikan nomor telepon ) yang dapat dihubungi melalui jaringan internet. Provider inilah yang menjadi server bagi pihak-pihak yang memiliki personal komputer ( PC ) untuk menjadi pelanggan ataupun untuk mengakses internet. Beberapa aplikasi dan fasilitas yang umum dilaksanakan melalui internet :
Akses ke seluruh dunia. Jaring-an internet merupakan jaringan internasional yang tersebar di seluruh dunia. Pemakai internet cukup mengetikkan alamat web site yang dituju pada kotak alamat ( address ), maka program komputer akan mengakses segera dimanapun alat tersebut. Web site tersebut telah menyediakan berbagai informasi yang diinginkan oleh pengakses. Beberapa web di internet juga menyediakan situs pencari ( search engine ) untuk mencari informasi yang dibutuhkan oleh pemakai internet .
Komunikasi di internet bisa dengan :
E-mail
 Electronic mail atau surat elektronik adalah bentuk surat yang diketikkan di layar komputer kemudian dikiirm melalui jaringan internet ke satu (beberapa) alamat. E-mail ini kemudian akan tersimpan pada mail box dari alamat yang dituju hingga dibuka oleh pemilik alamat e-mail yang dikirimi. Beberapa web site di internet menyediakan fasilitas e-mail gratis bagi pemakai internet. Setiap pemakai dapat mendaftar dengan mengisi data pada web tersebut, mengisikan nama pemakai sebagai alamat e-mail serta mengisi password yang diinginkan. Setiap pemakai akan mendapatkan ruang bebas sendiri bagi mail-box-nya, dari 2MB sampai 5MB. Setelah terdaftar maka pemakai dapat mengirimkan e-mail atau menerima e-mail dari orang lain dengan memakai alamat e-mailnya. Ruang bebas ini akan tetap ada pada web tempat pemakai mendaftar menjadi pemakai dan akan menyimpan setiap e-mail yang masuk maupun keluar.
Voice Mail
Selain e-mail, user/pemakai internet juga dapat menyertakan Voice Mail dalam e-mail yang dikrimkannya. Bentuk daripadaVoice Mail ini adalah berupa rekaman suara yang disertakan dalam e-mail. Beberapa web site yang me-nyediakan fasilitas e-mail juga menyiapkan fasilitas Voice Mail di dalamnya. Bagi pengirim maupun penerima Vioce Mail harus menlengkapi komputernya dengan peralatan tambahan untuk dapat mengirimkan ataupun menerima Voice Mail tersebut.
Transfer File
Selain menyertakan Voice Mail, e-mail dapat pula disertakan dengan transfer file . Setiap web site yang me-nyiapkan fasilitas e-mail juga menyediakan fasilitas transfer file yang sering disebut Attach File. Web hanya perlu mengklik kotak Attach File, selanjutnya akan dipandu oleh komputer untuk memilih file yang ingin ditrasfer. File/data yang ditransfer harus terlebih dahulu dalam sebuah disket. Selanjutnya file tersebut dapat disertakan dalam e-mail dan dikirim ke alamat e-mail yang diinginkan file tersebut akan turut tersimpan dalam mail box alamat yang dituju. Selanjutnya pemilik e-mail./penerima dapat mengakses dan membukannya dalam bentuk text biasa ataupun memindahkannya ke disket.
Transper Foto/Gambar
Dalam file yang disertakan pada e-mail tidak hanya teks yang dapat di attach, tapi user dapat pula menyertakan gambar ataupun foto. Foto yang disertakan ini dapat diambil dari foto digital atau dapat pula dari foto/gambar biasa yang lebih dahulu disimpan dalam disket. Berbeda dengan penyimpan teks, untuk menyimpan foto/gambar ke dalam disket dibutuhkan peralatan (scaning)khusus. Foto/gambar yang akan dikirim harus sebelumnya di scaning untuk dapat disimpam dalam disket.
Chating
Chating adalah percakapan dalam bentuk tulisan yang diselenggarakan melalui jaringan internet. Pelaksanaanya tidak berbeda dengan percakapan telepon yang dapat dilaksanakan dengan siapapun/dimanapun dalam jangkauan jaringan telepon baik melalui saluran maupun dengan transmisi. Perbedaanya terletak pada bentuknya yang berupa komunikasi tulisan. Terdapat beberapa web site yang juga menyediakan fasilitas chating lagi user-nya dan ada pula web yang khusus untuk chating. User hanya perku memonitor nama-nama useryang sedang on line dalam chating, selanjutnya menawarkan diri untuk untuk bergabung dalam chating user dapat pula tersebih dahulu me ngadakan perjanjian untuk chating dengan user lain.
Nama              : Novi Nolitavia
Kelas               : 2PA01
Npm                : 15510056
Mata kuliah     : psikologi dan teknologi internet



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar